Relay Lampu Mobil yang Bagus dan Cara Memasangnya

Dibandingkan.com РBingung mencari relay lampu mobil yang bagus? Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak pilihan relay mobil yang ada di pasaran. Relay mobil tersebut hadir dengan berbagai macam pilihan mereka dan harga.  Sebagai pembeli yang cerdas, Anda perlu mengetahui kira-kira mana relay mobil yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, memahami bagaimana cara memasang relay mobil yang benar juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh Anda abaikan.

Di dalam mobil, terdapat banyak sekali komponen. Komponen tersebut ada yang memiliki ukuran kecil dan ada juga yang memiliki ukuran besar. Ada komponen yang berfungsi menggerakkan mesin. Ada juga komponen yang berfungsi untuk menggerakkan wiper. Dengan kata lain, setiap komponen yang ada pada mobil tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Bahkan ada komponen yang memiliki fungsi yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Mengenal Relay Lampu Mobil

relay lampu mobil

Lalu bagaimana dengan relay lampu mobil? Relay merupakan satu di antara beberapa komponen yang berhubungan dengan lampu. Relay bisa Anda temukan pada sepeda motor maupun mobil. Mungkin Anda juga pernah mendengar penjelasan atau komentar dari teknisi mengenai kenapa pancaran lampu mobil Anda redup. Mereka kemudian menyarankan Anda untuk menggunakan lampu relay tambahan. Relay inilah yang nantinya akan membantu untuk memberikan pencahayaan yang lebih terang.

Lalu timbul pertanyaan, apakah jika memakai relay mobil langsung membuat pencahayaan mobil menjadi lebih bagus? Lalu kira-kira apa relay lampu mobil yang bagus tersebut? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, silakan Anda menyimak informasi yang akan kami sajikan di bawah ini.

Perlu Dipahami Bahwa Relay Bukan Hanya untuk Lampu Mobil

Relay adalah komponen elektrik yang kerap digunakan pada kendaraan bermotor, termasuk juga mobil. Relay memiliki ukuran kecil dan berbentuk kotak seta berwarna hitam. Pembungkus relay biasanya terbuat dari bahan plastik. Selain itu, relay juga memiliki kaki yang terbuat dari logam. Komponen kecil tersebut berperan sebagai saklar penghubung yang berasal dari sumber listrik utama kendaraan bermotor menuju kompone elektrik yang lainnya.

Relay juga mampu mengalirkan arus listrik dengan tegangan yang besar. Komponen ini juga mempunyai sistem pengendalian terhadap listrik yang memiliki arus kecil. Relay mempunyai dua jenis. Pertama merupakan relay yang berupa resistor dan yang kedua merupakan relay bertipe elektromagnetik. Relay juga bukan hanya bisa dipakai untuk lampu mobil melainkan juga bisa dipakai pada komponen kelistrikan yang lainnya. Beberapa contoh di antaranya yaitu sistem AC, klakson, maupun sistem audio. Sementara untuk relay yang sering dipakai pada mobil adalah relay yang bertipe elektromagnetik.

Fungsi Relay Pada Mobil

Dengan kemampuannya yang mampu mengontrol arus listrik besar, relay untuk mobil juga berperan sebagai saklar elektromagnetik dengan memanfaatkan magnet listrik. Pada komponen kendaraan, cara kerja relay mobil yaitu dengan menggantikan saklar listrik. Jadi, ketika terdapat komponen yang memerlukan arus listrik dengan tegangan yang besar, arus listrik tersebut sudah tidak perlu melewati saklar namun akan melewati relay. Hal ini membuat penggunaan saklar listrik bisa lebih awet dan bisa untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, pemasangan relay bermanfaat ketika ada arus listrik yang mengalir pada komponen elektrik mobil seperti lampu maupun klakson bisa menjadi lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan kenapa cahaya lampu menjadi lebih terang atau suara klakson yang lebih kencang dibandingkan sebelum memasang relay.

Pilihan untuk Relay Mobil

relay lampu mobil

Seperti yang telah kami jelaskan bawha memiliki relay mobil tidak bisa sembarangan. Di pasaran biasanya tersedia satu set dengan kabel dan sekringnya. Namun ada juga yang menyediakan hanya relaynya saja. Anda bisa memilih relay mobil yang berasal dari beberapa merek terkenal seperti Hella, Bosch, serta Zenith. Untuk harganya bervariasi mulai dari Rp 125.000 sampai dengan Rp 250.000. Namun jika Anda hanya membeli relay saja, maka Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp 50.000 sampai dengan Rp 120.000.

Relay dari merek terkenal memiliki harga yang memang cenderung lebih mahal. Namun kualitasnya terjamin sehingga Anda tidak perlu ragu mengeluarkan uang yang sedikit lebih mahal. Sementara itu, untuk penggunaan harian, maka Anda hanya perlu memasang relay saja. Kecuali jikd Anda memang berniat memasang lampu depan yang memiliki watt lebih besar.

Selain itu, bagi Anda yang ingin memasang lampu model HID, maka Anda memerlukan relay satu set. Relay untuk lampu HID harganya mencapai Rp 300.000 sampai  dengan Rp 500.000. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan dan merek yang Anda beli.

Bagaimana Cara Memasang Relay Mobil?

Langkah-langkah memasang relay lampu mobil adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kabel tembaga yang nantinya digunakan untuk menyambungkan relay pada komponen yang lain
  • Buka solet lampu yang ada di depan mobil
  • Sambungkan terminal 87 ke lampu mobil dan ke kutub negatif (-) aki dengan kabel
  • Lalu sambungkan terminal 85 ke terminal massa maupun ground dengan menggunakan kabel
  • Sambungkan terminal 86 ke saklar lampu dengan menggunakan kabel
  • Sambungkan terminal 30 pada kutub postif (+) aki mobil dengan menggunakan kabel
  • Silakan nyalakan lampu. Jika cahaya lampu lebih terang, maka pemasangan relay berhasil
  • Sebagai tambaha, untuk termina 85 dan 86 boleh dipasang terbalik. Namun untuk terminal 87 dan 30 jangan sampai terbalik

Tinggalkan komentar