Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Apa saja yang menjadi penyebab mobil matic tidak bisa mundur? Seperti yang kita tahu mobil matic adalah mobil yang memakain transmisi otomatis. Mobil matic menjadi favorit banyak orang, terutama bagi wanita. Salah satu alasannya karena mobil matic lebih praktis. Kamu tidak perlu menginjak pedal kopling untuk menjalankan mobil matic. Berbeda dengan mobil yang menggunakan transmisi konvensional yang bagi sebagian orang lebih sulit dan lebih ribet. Meskipun mobil matic memang lebih praktis, namun pada kenyataannya perawatan mobil matic cenderung lebih sulit.

Jika kamu tidak rutin melakukan pengecekan, pastinya mobilmu akan mengalami masalah. Salah satu masalah yang biasanya muncul adalah mobil tidak bisa mundur. Ketika kamu tidak bisa memundurkan mobilmu, ini akan menjadi sebuah masalah yang merepotkan. Kamu tidak bisa bebas mengendarainya. Ketika kondisi tesebut terus kamu biarkan, bisa jadi mobil matic akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Beberapa Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

penyebab mobil matic

Ternyata ada beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa lebih waspada dan berhati-hati dalam mengemudikan mobil bertansmisi otomatis tersebut.

1. Kerusakan Mekanik

Bagi pemilik mobil matic keluaran lama yang di dalamnya masih terdapat unsur konvensional, biasanya transmisinya masih sedikit bersifat konvensional. Mobil matic keluaran lama yang tidak bisa mundur adalah karena return shift yang patah. Bagaimana cara mengatasinya?

Kamu harus segera membawa mobilmu terebut ke bengkel. Jangan menunda membawanya ke bengkel agar kerusakan idak semakin parah. Yang tidak kalah penting yaitu pastikan kamu membawanya ke bengkel terpercaya.

2. Masalah Pada Perangkat Elektronik

Penyebab kedua yang membuat mobil matic tidak bisa mundur adala karena permasalahan di bagian perangkat elektronik. Kondisi ini berkaitan dengan kabel selenoid yang mungkin putus. Untuk perawatannya yang cenderung lebih rumit.

Jadi, ketika mobil maticmu tidak bisa mundur maka kamu juga harus segera perangkat elektroniknya. Pastikan apakah kabel selenoidnya terputus atau tidak.

3. Tuas Rusak

Penyebab mobil matic tidak bisa mundur juga bisa berasal dari tuas yang rusak. Tuas yang mengalami kerusakan akan berdampak pada swotch mobil yang juga akan rusak. Kondisi ini bisa kamu lihat pada saat mobil sedang parkir atau dalam kondisi diam.

4. Mengecek Oli Transmisi

Jika ketiga bagian di atas sudah kamu cek dan ternyata mobil  matic tidak bisa mundur, maka silakan mengecek oli transmisinya. Biasanya mobil matic yang tidak bisa mundur karena pemilik mobil jarang mengganti oli transmisinya. Padahal kamu pasti mengetahui bahwa oli transmisi harus kamu ganti secara rutin.

Oli transmisi yang jarang diganti bukan hanya akan berdampak pada mobil matic yang tidak bisa mundur. Kemungkinan besar akan menimbulkan masalah lain yang lebih parah. Maka dari itu, pastikan kamu mengganti oli transmisi secara rutin agar kamu bisa mengendarainya dengan lancar tanpa ada kendala.

Tinggalkan komentar