Penyebab Mobil Matic Nyentak yang Harus Diwaspadai

Apa saja yang menjadi penyebab mobil matic nyentak? Mungkin bagi beberapa orang masalah ini terbilang sepele. Padahal jika terus dibiarkan, maka akan berpengaruh terhadap kenyamanan ketika berkendara. Bayangkan jika kamu berkendara dengan menempuh perjalanan jauh.

Kamu tetap mengemudikan mobil matic tersebut dengan kondisi seperti ini. Masalah mobil matic yang nyentak bisa karena adanya transmisi yang kotor. Maka dari itu oli harus diganti. Selain itu, masalah ini juga bisa karena adanya kerusakan yang terdapat pada salah satu komponen di dalamnya.

Jika penyebabnya karena oli mobil yang kotor, kamu tinggal membawanya ke bengkel. Bisa juga dengan menggantinya sendiri jika memang kamu bisa mengganti oli mobil tersebut sendiri. Namun bagaimana jika masalah yang terjadi karena penyebab lainnya?

Beberapa Penyebab Mobil Matic Nyentak

penyebab mobil matic nyentak

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan mobil matic nyentak yang harus kamu waspadai. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa lebih memahami bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, silakan kamu simak penjelasan berikut ini.

1. Masalah di AT Selenoid

AT selenoid merupakan komponen yang berperan membuat mesin mobil bekerja terus-menerus. Cara kerjanya yaitu dengan mengaktifkan brake dan clutch sehingga nanti bisa mengatur aliran oli mesin. Jika komponen elektrik dengan berdasarkan TCM atau Transmission Control ini rusak, kemungkinan ini menyebabkan mobil matic nyentak.

Untuk itu, kamu perlu mengecek apakah aliran olinya tersumbat atau tidak. Dengan begitu, masalah matic yang nyentak bisa kamu atasi dan bisa mengendarai mobil tersebut dengan nyaman dan aman.

2. Oli Transmisi yang Kotor

Terkadang penyebab lainnya yang membuat matic nyentak adalah oli transmisi yang kotor. Oli yang kotor memang menjadi sebab mobil mengalami masalah. Bukan hanya mobil  matic, mobil bertransmisi manual pun juga akan mengalami masalah ketika oli transmisi kotor. Untuk mobil matic, mobil ini bekerja dengan memanfaatkan sistem hidrolik.

Sistem tersebut sangat bergantung pada kondisi oli matic di dalam mengontrol transmisi. Maka dari itu, ketika oli mobil matic bermasalah maka sistem kerja transmisi akan terganggu. Tidak jarang kamu akan mengalami perpindahan gigi yang berlangsung secara otomatis.

3. Penyebab Mobil Matic Nyentak Karena Masalah Komponen Elektrik

Penyebab mobil matic nyentak juga bisa karena adanya masalah di bagian komponen elektrik. Biasanya masalah ini terjadi pada mobil lawan di mana bagian AC atau accelerator kickdown-nya bermasalah. Semenara untuk mobil matic baru, masalah yang terjadi adalah karena komponen elektrik bernama TCM yang bermasalah.

Di dalam TCM atau Transmission Control Module, terdapat beragam komponen transmisi, sensor, dan akurator. Berbagai komponen tersebut yang berperan di dalam mengatur sistem kerja pada brake dan AT clutch dengan bantuan tekanan dari sistem hidrolik.

Ketika satu bagian saja yang mengalami masalah, maka bisa berpengaruh ke bagian yang lain. Akibatnya, mobil matic akan nyentak dan bisa mengganggu kenyamanan para penumpang.

4. Komponen Brake serta Clutch Aus

Penyebab yang keempat adalah kedua komponen ini aus. Dua komponen ini merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mobil bertransmisi otomatis. Di dalam komponen tersebut terdapat susunan plat kopling basah. Keduanya juga saling bekerja sama dan bergesekan satu sama lain untuk mendukung kinerja mesin.

Jika salah satu atau kedua komponen ini rusak, maka kinerja mesin bisa terganggu. Akibatnya mobil matic nyentak. Untuk itu pentingnya mengecek setiap komponen agar mesin matic tetap bekerja secara normal.

Tinggalkan komentar