Penyebab Mobil Brebet di RPM Terendah

Kira-kira apa penyebab mobil brebet ketika berada di RPM terendah? Mobil tersendar atau brebet merupakan masala yang terlihat sederhana. Namun jikamasalah tersebut kamu biarkan,  masalahnya bisa semakin parah. Kenyamanan mengemudikan mobil menjadi terganggu, begitu juga dengan kenyamanan penumpang.

Bayangkan jika kamu harus menempuh perjalanan jauh dengan kondisi mobil seperti itu. Sudah tentu kamu akan merasakan pengalaman yang kurang menyenangkan. Agar masalah tersebut tidak berlarut, kamu perlu mencari tahu kira-kira apa yang menjadi penyebab mobilmu brebet. Dengan begitu, kamu bisa tahu solusi seperti apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Kondisi yang Menjadi Penyebab Mobil Brebet

penyebab mobil brebet

Di bawah ini terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan mobil brebet ketika berada di RPM rendah. Setelah mengetahui informasi ini, kamu bisa memikirkan tindakan selanjutnya sehingga mobilmu bisa kembali ke kondisi normal.

1. Busi Mobil Rusak

Penyebab mobil yang brebet biasanya karena kondisi busi yang mulai rusak. Maka dari itu kamu perlu mengecek busi mobil secara berkala. Penggunaan busi mobil yang usianya sudah cukup lama dan harus kamu ganti akan menyebabkan mobil tersendat-sendat ketika kamu menginjak pedal  gas. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa setiap komponen pada mobil harus sesuai standar.

Jangan sampai kamu membeli komponen termasuk busi yang tidak sesuai standar. Apalagi hanya karena tergiur oleh harganya yang murah. Bahkan busi pun kamu harus tetap memperhatikan kualitasnya. Ketika busi sudah waktunya kamu ganti, maka segera ganti busi yang sesuai standar. Untuk pengguna mobil injeksi, kamu bisa menggunakan busi resistor yang memang sesuai untuk mobil dengan sistem injeksi.

3. Bahan Bakar Mau Habis

Penyebab yang kedua mengapa mobil terasa brebet adalah karena bahan bakar mau  habis. Masalah ini terjadi karena mungkin kamu lupa mengisi bensin. Bisa juga terjadi karena indikator bensin yang tidak berfungsi sehingga kamu mengira bahwa bensin mobilmu masih banyak.

Namun ketika kamu mengendarainya, mobil tersebut malah brebet. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek tangki bahan bakar sebelum bepergian. Kamu cukup mengeceknya melalui indikator bahan bakar yang sudah ada di mobilmu. Dengan begitu, kamu bisa menempuh perjalanan secara normal tanpa ada gangguan.

3. Filter Bahan Bakar yang Rusak

Penyebab mobil brebet yang ketiga adalah filter bahan bakar mengalami kerusakan. Sesuai namanya filter adalah komponen yang berfungsi menyaring. Sementara untuk filter bahan bakar berfungsi menyaring agar nanti bahan bakar tersebut bebas dari kotoran serta debu. Bahan bakar yang kondisinya kurang bersih mengakibakan proes pembakaran menjadi kurang maksimal.

Kondisi ini berakibat pada performa mobil yang menurun. Salah satunya adalah mobil brebet ketika kamu menginjak pedal gas. Sebagai langkah awal, kamu perlu mengecek kondisi filter tersebut apakah terdapat kotoran atau tidak. Jika ternyata terdapat kotoran, maka kamu perlu membersihkan kotoran pada filter.

Kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel terpercaya. Setidaknya lakukan pengecekan filter kurang lebih dua tahun sekali. Ini merupakan langkah pencegahan untuk menjaga performa mobilmu agar tetap stabil.

4. Mesin Overheat

Penyebab mobil brebet juga bisa berasal dari mesin yang terlalu panas. Mesin terlalu panas atau overheat dapat mengakibatkan kecepatan mobil menurun. Ketika kamu menginjak pedal gas, kamu akan merasa bahwa mobilmu tersendat-sendat. Masalah ini terletak di bagian radiator.

Kemungkinan air radiator sudah habis. Maka dari itu, kamu harus mengisi air radiatornya. Pastikan air radiator yang kamu gunakan sudah tepat agar performa dan suhu mesin tetap terjaga.

Tinggalkan komentar