Penyebab Mobil Bergetar Saat Kopling Dilepas

Banyak yang belum memahami apa saja penyebab mobil bergetar ketika kopling dilepas. Masalah ini pastinya sangat mengganggu karena berpengaruh terhadap kenyamanan ketika perjalanan. Apa mungkin masalah karena meamng kopling sudah harus kamu ganti? Apa ada komponen lain yang bermasalah?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyan-pertanyaan tersebut, kamu perlu menyimak informasi berikut ini. Setelah ini kamu bisa mengetahui kira-kira apa yang menjadi penyebab mobilmu yang selalu bergetar tiap kali kamu menginjak kopling.

Beberapa Penyebab Mobil Bergetar saat Kopling Dilepas

penyebab mobil bergetar

Secara umum, terdapat lima hal yang menyebabkan mobil bergetar ketika kamu menginjak pedal kopling. Apa saja penyebabnya?

1. Kampas Kopling yang Sudah Tipis

Penyebab mobil bergetar ketika kamu menginjak kopling adalah karena kampasnya sudah habis. Masalah pada kopling menjadi masalah yang umum terjadi. Banyak yang tidak menyadari jika kampas kopling sudah habis. Sekadar informasi bahwa kampas kopling adalah piringan keramik yang akan selalu bergesekan.

Seiring berjalannya waktu, kampas tersebut akan menipis. Jika kamu tetap membiarkannya, bukan tidak mungkin mobilmua akan mulai bermasalah. Jika kampas kopling sudah habis, terdapat beberapa gejala seperti:

  • Performa mobil menurun
  • Kopling yang mudah selip
  • Pedal kopling terasa bergetar ketika kamu melepasnya

Maka dari itu, kamu harus mengecek kopling untuk mengetahui apakah masalah yang kamu alami saat ini berasal dari kopling. JIka iya, maka segara bawa mobilmu ke bengkel agar koplingnya segera diganti. Setelah itu, baru kamu akan merasakan kenyamanan

2. Matahari Kopling yang Tidak Rata

Apa itu matahari kopling? Ini merupakan sebuah komponen yang terbuat dari logam. Permukaannya dapat aur seiring dengan usianya yang semakin lama. Sama dengan kopling, gesekan yang terus-menerus menyebabkan matahari kopling akan menipis dan aus. Namun keausan yang terjadi pada matahari kopling tidak secepat pada kampas kopling.

Akan tetapi, ketika kampas kopling yang aus dan tidak segera kamu ganti maka akan membuat matahari kopling akan cepat habis. Ketika matahari kopling sudah aus, permukaannya menjadi tidak rata. Hal ini berakibat pada mobil yang terasa bergetar ketika kamu melepas kopling.

3. Release Bearing yang Rusak

Penyebab mobil bergetar ketika melepas pedal kopling jua bisa keran release bearing yang rusak. Release bearing merupakan laher yang berfungsi menekan matahari kopling ketika kamu menginjak kopling. Laher ini tidak jauh berbeda dengan laher pada roda. Jika bantalannya mengalami kerusakan, maka akan terdengar bunyi dan getaran.

Salah satu ciri utama dari release bearing yang rusak adalah terdengar bunyi aupun getaran ketika kamu melepas dan menginjak kopling. Ketika kamu menginjak kopling setengah, bunyi serta getaran pun akan tetap terasa. Solusinya adalah dengan menggantinya. Dengan begitu, masalah mobil bergetar dapat teratasi.

4. Engine Mounting Rusak

Penyebab lain juga berasal dari bagian luar kopling. Salah satunya adalah engine mounting. Engine mounting merupakan komponen yang berfungsi menyambungkan mesin dan frame kendaraan. Fungsi engine mounting adalah untuk menahan mesin. Engine mounting juga merupakan komponen yang berbahan logam.

Namun di dalamnya terdapat karet. Karet inilah yang nantinya berperan sebagai penyerap getaran di mesin. Dengan begitu, getaran pada mesin tersebut tidak sampai terasa ke body kendaraan karena adanya komponen ini.

5. Terdapat Cairan di Permukaan Mobil

Penyebab mobil bergetar ketika kamu melepas kopling juga bisa berasal dari cairan yang ada di permukaan mobil. Kopling adalah komponen yang bersifat kering. Jadi, ketika komponen ini terkena cairan, terlebih lagi sampai terkena oli maka akan menyebabkan getaran.

Memang tidak semua mobil mengalami masalah kopling karena ada cairan. Namun biasanya kondisi ini terjadi ketika mobil tersebut melewati jalanan yang tergenang banjir. Solusinya yaitu dengan melakukan perbaikan terhadap kopling tersebut. Biasanya tidak harus diganti, namun hanya melakukan pembrsihan saja agar tidak ada material yang menempel dan mengganggu kopling.

Tinggalkan komentar