Pentingnya Mengetahui Arti Kode Sekring Mobil

Kali ini kami akan membahas tentang seperti apa arti kode sekring mobil.  Sekring atau yang dalam bahasa Inggris berarti Fuse  adalah salah satu komponen mobil yang terkenal mudah putus. Masalah yang berkaitan dengan kelistrikan memang harus menjadi perhatian khusus. Hal ini karena sistem kelistrikan pada mobil yang cukup kompleks.

Jadi, ketika ada masalah kecil maka sudah cukup untuk membuat pemilik mobil pusing. Terdapat berbagai masalah mobil yang berhubungan dengan kelistrikan. Salah satu masalah umum yang terjadi adalah lampu depan mati. Selain itu, terkadang ada juga radio tidak mau menyala atau lampu rem yang sudah mulai bermasalah. Padahal bagian-bagian tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan serta keamanan selama Anda berkendara. Penyebab dari masalah kelistrikan tersebut adalah sekring yang putus.

Solusinya adalah mengganti sekring lama dengan sekring baru. Namun mengganti sekring tidak bisa Anda lakukan sembarangan. Prosesnya harus hati-hati karena jika salah sedikit saja maka berpotensi menyebabkan korslet. Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi.

Pentingnya Memahami Arti Kode Sekring Mobil

arti kode sekring mobil

Maka dari itu sangat penting untuk memahami seperti apa arti dari kode sekring yang ada pada mobil Anda. Meskipun begitu, sekring mobil mempunyai arti kodenya masing-masing. Kode tersebut menunjukkan besaran daya serta komponen yang berperan sebagai tempat mengalirnya listrik. Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa secara umum terdapat dua fasebox di mobil. Fasebox merupakan kotak yang di dalamnya berisi kumpulan sekring.

Jadi, jika Anda mencari sekring apa pun yang ada di mobil Anda, sudah pasti ada di fasebox. Anda hanya perlu memilih apakah ada di kotak sekring yang pertama atau kedua. Kita ambil contoh mobil Avanza memiliki dua fasebox. Kotak pertama (underhood) yang bisa Anda lihat pada bagian bawah kap mesin. Kemudian terdapat kotak sekring kabin yang posisinya ada di bagian bawah dashboard. Adapun sekring yang berhubungan dengan penerangan biasanya ada di kotak sekring underwood di bawah kap mesin.

Meskipun begitu, letak dari fusebox tersebut berbeda-beda antara satu mobil dengan mobil yang lainnya. Namun secara umum letaknya akan ada di area yang mudah untuk dijangkau. Ini memudahkan ketika ingin mengecek dan memperbaiki permasalahan pada sekring. Kemudian Anda tinggal membuka tutup dari fusebox tersebut. Anda bisa melihat seperti apa denah sekring lengkap dengan kodenya. Kode tersebut ada di balik tutup kotak sekring.

Cara Membaca Arti Kode Sekring Mobil

Lalu bagaimana cara membaca arti kode sekring mobil? Melalui denah-denah yang Anda temukan tersebut, Anda akan mendapatkan informasi  mengenai kapasitas dan juga letak sekring, termasuk sekring lampu mobil. Biasanya kode yang berkaitan dengan lampu utama yaitu H-Lp. Terdapat dua sekring yang akan Anda temukan yaitu H-LP RH dan H-LP LH. Keduanya merupakan kode untuk sekring lampu utama yaitu lampu kiri dan lampu kanan. Lalu bagaimana dengan lampu belakang?

Untuk kode sekring lampu belakang maka Anda akan menemukan kode bertuliskan STOP. Sementara untuk lampu hazzard/sein mempunyai kode yaitu HAZARD. Sementara itu, untuk lampu kabut mempunyai kode FOGLAMP. Kemudian untuk kapasitas sekring yang berhubungan dengan penerangan eksterior biasanya memiliki kapasitas hanya 10 A. Itu artinya, jika ada arus yang mengalir lebih dari 10 A, maka ini akan menimbulkan terjadinya sekring putus.

Apakah Sekring Mobil Bisa Diganti dengan Kapasitas Lebih Tinggi?

Lalu apakah kita bisa mengganti sekring mobil dengan kapasitas yang lebih tinggi? Tentu saja bisa. Namun tindakan ini berisiko karena berpotensi menyebabkan soket lampu atau bohlam terbakar. Bayangkan saja jika ada arus yang mengalir melebihi 10 A, maka pasti tingkatan panasnya akan semakin tinggi. Namun terdapat pengecualian pada saat sekring 10 A putus dan Anda menggantinya sementara dengan sekring berkapasitas lebih tinggi seperti 15 A. Namun ingat, ini hanya bersifat sementara dan bukan untuk Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Anda juga harus segera membawa mobil ke bengkel agar segera dilakukan pergantian lampu sesuai kapasitas sekring. Jangan sampai Anda telat mengganti lampu yang memiliki kapasitas lebih besar tersebut. Hal ini hanya akan menimbulkan masalah yang semakin mengganggu liburan Anda seperti korslet.

Cara Mengganti Sekring Mobil

Untuk mengganti sekring mobil tidak sulit. Anda akan melihat spare fuse yang ada di fusebox. Fuse tersebut biasanya mempunyai kode SPARE di mana Anda tinggal mencabut sekring dengan kode SPARE. Selanjutnya Anda tinggal memasukkannya ke slot sekring yang sudah mati. Dengan begitu, Anda berhasil memasang sekring. Cara yang memang sangat mudah dan sederhana. Namun bagi Anda yang mungkin belum berpengalaman atau khawatir menimbulkan masalah, lebih baik Anda membawanya ke bengkel.

Demikian penjelasan dari kami tentang seperti apa pentingnya memahami arti kode sekring mobil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar