Minyak Rem Mobil yang Bagus Lengkap Beserta Harganya

Dibandingkan.com – Apa saja minyak rem mobil yang bagus? Minyak rem pada kendaraan sudah seharusnya dilakukan pengecekan dan pergantian secara rutin. Biasanya sudah ada ketentuan mengenai kilometer sesuai rekomendasi dari pabrikannya. Sebagai pengemudi, terutama yang kerap mengendarai mobilnya untuk aktivitas sehari-hari, harus benar-benar memahami kapan waktunya mengganti minyak rem.

Tujuan melakukan penggantian minyak rem adalah untuk menjaga agar komponen atau piranti yang berperan menghambat dan menghentikan laju kendaraan tersebut dapat bekerja dengan normal. Selain itu, manfaat mengganti minyak rem secara rutin juga mencegah terjadinya rem blong yang seperti kita ketahui bisa menyebabkan kecelakaan. Meskipun begitu, melakukan penggantian minyak rem mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus benar-benar memahami bagaimana cara mengganti minyak rem tersebut.

Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting adalah mengeatahui spesifikasi dari minyak rem yang ada pada mobil Anda. Pastikan minyak rem yang digunakan sesuai dengan sistem pengereman yang terdapat pada kendaraan Anda tersebut. Setiap minyak rem mempunyai spesifikasi yang berbeda. Dengan kata lain, tidak semua minyak rem bisa Anda pakai untuk semua mobil. Jika Anda salah menggunakan minyak rem, maka sistem pengereman pada mobil Anda menjadi tidak maksimal atau bahkan bisa menimbulkan masalah lainnya yang tidak Anda inginkan.

Spesifikasi Minyak Rem

minyak rem mobil

Untuk mengetahui spesifikasi dari minyak rem tersebut, Anda bisa mengeceknya melalui kemasan. Anda akan melihat ada kode DOT yang merupakan singkatan dari Department of Transportation. DOT merupakan kode yang menunjukkan titik didih dari minyak rem ketika bekerja atau digunakan. Kuncinya, semakin tinggi kode DOT yang terdapat pada kemasan, maka titik didihnya pun juga akan semakin tinggi.

Terdapat beberapa kode minyak rem yaitu DOT 3, DOT 4, dan juga DOT 5. Untuk minyak rem dengan kode DOT 3 mempunyai titik didih mencapai 205 derajat. Kemudian minyak rem dengan kode DOT 4 mempunyai titik didih maksimal mencapai 230 derajat. Sementara itu, pada minyak rem dengan kode DOT 5, maka titik didih maksimalnya mencapai 260 derajat.

Kapan Waktu Mengganti Minyak Rem Mobil?

Selain mengetahui spesifikasi dari minyak rem untuk mobil Anda, Anda juga perlu mengetahui kapan waktu terbaik mengganti minyak rem tersebut. Adapun waktu terbaik untuk mengganti minyak rem adalah per 40.000 km. Jadi, ketika mobil Anda sudah menempuh jarak 40.000 km, maka itu berarti Anda sudah harus mengganti minyak rem. Namun perlu diingat bahwa penggantian minyak rem juga harus sesuai dengan spesifikasinya apakah menggunakan DOT 3 atau DOT 4.

Biasanya untuk mobil keluaran  lama menggunakan minyak rem dengan titik didih yang rendah. Sementara mobil keluaran baru biasanya memiliki minyak rem dengan spesifikasi DOT 4. Di sisi lain, ketika Anda menggunakan minyak rem yang tidak sesuai dengan spesifikasi, maka hal ini bisa berpotensi mengakibatkan kerusakan pada komponen. Salah satu contohnya adalah karet seal yang rusak dan bisa juga berpengaruh terhadap keawetan dari komponen yang lainnya.

Perbedaan Minyak REM DOT 3, DOT 4, dan DOT 5

Sebelumnya kami telah memberikan penjelasan singkat mengenai perbedaan antara DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Sementara untuk penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • DOT 3: minyak rem yang mengandung polyglycol ethel dan bersifat higroskopik. Itu artinya, minyak rem yang satu ini bisa menyatu dengan air dan kinerjanya tidak akan terganggu meskipun bercampur dengan air. Namun jika kandungan airnya terlalu banyak, maka titik didihnya akan menurun
  • DOT 4: spesifikasi minyak rem yang cocok untuk mobil keluaran lama dengan sistem pengereman bersuhu tinggi
  • DOT 5: minyak rem yang berbahan silikon serta sulit menyerap air sehingga tidak akan menyebabkan korosi terhadap komponen pengereman. Untuk minyak remnya cenderung lebih stabil untuk sistem pengereman bersuhu tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti DOT 5 sesuai untuk segala jenis mobil. Anda perlu melihat informasi spesifikasi minyak rem melalui buku manual agar tidak salah membeli minyak rem

Rekomendasi Merek Minyak Rem Mobil Terbaik

Anda telah memahami pengertian, spesifikasi, dan kapan waktu terbaik untuk mengganti minyak rem.

No Merek Harga
1 Mobile Brake Fluid DOT 4 500 ml Rp 63.750
2 Total Minyak Rem DOT 4 500 ml Rp 70.000
3 Prestone DOT 3 Brake Fluid Neutral Minyak Rem 1 L Rp 90.000
4 STP DOT 3 Brake Fluid Minyak Rem Neutral Bening 1 L Rp 95.000
5 Redex Brake Fluid DOT 3 48 x 50 ml Rp 187.000
6 Motul Fluid Brake Synthetic DOT 5.1 Rp 271.000
7 Brembo Fluid Synthetic LCF-600 500 ml Rp 639.000
8 Wurth Brake Fluid DOT 4 250 ml Rp 65.000
9 Fuso DOT 3 Brake Fluid Minyak Rem Bening Netral 946 ml Rp 70.000
10 Seiken Brake Fluid Neutral DOT 3 Merah 1 L Rp 95.000
11 Amsoil Brake Fluid DOT 3 & 4 355 ml Rp 150.000
12 Lucas Brake Fluid Synthetic DOT 4 Rp 211.000
13 Motul RBF 600 Rp 450.000
14 Mobile Brake Fluid DOT 4 12 x 500 ml Rp 675.000

Demikian informasi mengenai pengertian dan rekomendasi minyak rem kualitas terbaik untuk mobil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar