Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak? Ini Penyebab dan Solusinya!

Dibandingkan.com – Kopling mobil buyi saat diinjak? Kira-kira apa penyebabnya? Kopling merupakan salah satu komponen yang sangat penting baik pada mobil maupun motor. Adanya kopling bisa membantu mencegah mobil agar mesinnya tidak mati pada saat perpindahan gigi ketika mobil berada di kecepatan rendah. Akan tetapi, tidak jauh berbeda dengan komponen mobil yang lain, kopling juga tidak lepas dari masalah.

Ada beberapa masalah yang terjadi pada kopling. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah kopling berbunyi ketika Anda menginjaknya. Sebenarnya permasalahan seperti ini tidak muncul dengan sendirinya. Sudah tentu ada beberapa hal yang menyebabkan kopling mobil berbunyi ketika Anda menginjaknya. Untuk mengetahui apa saja penyebab tersebut, silakan Anda simak penjelasan yang akan kami bagikan di bawah ini.

Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak

kopling mobil bunyi

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab kenapa kopling mobil berbunyi pada saat Anda menginjaknya.

1. Release Bearing Rusak atau Aus

Perlu Anda ketahui bahwa kopling memiliki beberapa komponen di dalamnya. Salah satu komponen tersebut bernama Release Bearing. Komponen yang berbentuk bantalan ini berperan sebagai penghubung antara release fork dengan unit kopling yang sedang berputar. Relase bearing memang terkenal rentan mengalami kerusakan maupun aus.

Salah satu kondisi yang menyebabkan komponen ini rusak adalah usianya yang sudah tua. Bisa juga karena kualitas bahannya yang buruk sehingga tidak bis digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ketika komponen ini bermasalah, maka kopling akan berbunyi pada saat Anda menginjaknya. Lalu bagaimana solusinya? Yang harus Anda lakukan adalah membawa mobil Anda ke bengkel lalu ganti release bearingnya.

2. Plat Penekan Kopling Bermasalah

Selain release bearing, komponen lainnya yang juga memiliki peran penting adalah plat penekan. Komponen yang satu ini memang termasuk yang paling tipis dibandingkan dengan beberapa komponen kopling lainnya.  Karena terlalu tipis, maka plat penekan mudah mengalami masalah. Salah satu masalah tersebut adalah keolengan di mana kondisi ini terjadi karena bentuk plat penekan yang mulai bengkok.

Kondisi ini mengakibatkan terdapat bagian plat penekan yang menempel di pressure plate dan flywheel. Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan besar kopling mobil akan berbunyi ketika Anda injak. Untuk mengatasi masalah tersebut tidak jauh berbeda dengan solusi pada permasalahan yang pertama. Di sini Anda harus mengganti plat penekan kopling. Tentunya Anda harus menggantinya di bengkel, kecuali jika Anda memang sudah berpengalaman untuk membongkar kopling mobil.

3. Kerusakan Pada Mekanisme Penggerak Kopling

Penyebab lain mengapa kopling mobil bunyi saat diinjak adalah karena terjadi kerusakan pada bagian mekanisme penggerak kopling. Permasalahan seperti  ini lazim Anda temukan pada mobil yang bertipe hidrolik. Memang mobil bertipe hidrolik mampu membuat kopling berfungsi sebagai optimal. Namun di sisi yang lain ternyata kondisi ini bisa menyebabkan beberapa masalah.

Salah satu permasalahan yang timbul adalah mekanisme penggerak yang mengalami masalah. Terutama di bagian engselnya. Jika Anda membiarkan kondisi ini dan tidak segera melakukan perbaikan, maka kopling akan berbunyi ketika Anda menginjaknya. Untuk mengatasi masalah ini yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan cairan pelumas. Semprotkan cairan tersebut ke bagian engsel yang kering.

Dengan begitu, lama kelamaan mekanisme penggerak kopling akan berfungsi dengan normal. Anda bisa menginjak kopling tana perlu khawatir akan berbunyi kembali seperti sebelumnya.

4. Pressure Plate Bermasalah

Penyebab lainnya yang mengakibatkan kopling mobil bunyi saat diinjak adalah Pressure Plate mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi karena mungkin setelan kopling yang terlalu besar. Penyebab lainnya adalah sistem hidrolik pada kopling bermasalah. Dampak yang terjadi adalah Anda akan mendengar bunyi seperti slip ketika kopling diinjak.

Tentunya masalah ini dapat mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Baik penumpang maupun pengemudi akan merasa risih karena terus-menerus mendengarkan bunyi pada kopling tersebut. Untuk mengatasinya memang memerlukan cara yang sedikit rumit. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Silakan mengecek setelan di kopling. Jika ternyata setelannya terlalu besar, maka Anda bisa mengecilkan setelan tersebut. Anda tinggal menyesuaikan setelannya dengan kenyamanan Anda
  • Cek minyak rem yang ada di dekat kopling. Jika ternyata minyak rem tersebut berkurang atau  bahkan habis, maka Anda harus segera menambahkannya. Namun sebelum itu Anda harus melakukan bleeding baru melakukan cara tersebut

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Kesimpulannya, masalah kopling memang bisa terjadi kapan saja dan pada mobil apa pun. Salah satu masalah kopling yang umum terjadi adalah kopling berbunyi ketika diinjak. Kondisi ini harus segera Anda tangani dengan beberapa cara seperti yang telah kami sebutkan. Terdapat beberapa cara penyelesaikan terhadap masalah kopling tersebut tergantung penyebab kerusakannya. Setelah masalah kopling dapat teratasi, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kopling agar tidak terjadi masalah serupa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar