Konsumsi BBM Toyota Corolla Altis, Mending Diesel atau Bensin?

Sama-sama berada di kelas mobil sedan, Camry dan Corolla Altis nampak mirip dari sisi penghematan yang ditawarkannya. Terutama di Indonesia, konsumsi BBM Toyota Corolla Altis bisa dibilang ideal bagi siapa saja yang ingin mencari nafkah dengan kendaraan ini.

Toyota Corolla Altis sendiri menawarkan dua varian mesin berbeda, yakni dengan mesin diesel dan mesin bensin.

Sebagian besar mesin diesel menggunakan 1364cc sedangkan mesin bensin menggunakan 1798cc, yang mana tersedia pula dengan transmisi manual dan otomatis.

Pada tahun 2018 lalu, kendaraan ini sempat menjadi salah satu mobil terbaik di kelasnya karena ada banyak fitur yang disediakan untuk setiap kebutuhan pengendara.

Perawatannya juga sangatlah rendah yang dipercantik dengan tampilan mulus serta mesin terbaik.

Sementara untuk konsumsi BBM Toyota Corolla Altis dan kelebihannya sudah dituangkan dalam bentuk review di bawah ini.

Konsumsi BBM Sangatlah Efisien!

konsumsi bbm toyota corolla altis 2004

  • Toyota Corolla Altis G Bensin M/T 1788cc: 16,7 KM/L rute gabungan.
  • Toyota Corolla Altis G Diesel M/T 1364cc: 21,3 KM/L rute gabungan.
  • Toyota Corolla Altis G Bensin A/T 1798cc: 16,7 KM/L rute gabungan.
  • Toyota Corolla Altis GL Bensin M/T 1798cc: 16,7 KM/L rute gabungan.
  • Toyota Corolla Altis GL Diesel M/T 1364cc: 21,3 KM/L rute gabungan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Corolla Altis dan Toyota Camry sangatlah mirip, sekalipun tidak sejago Camry Hybrid yang jauh lebih awet. Namun perbandingan ekonomi bahan bakarnya sangatlah mengesankan.

Dikarenakan ada di kelas yang sama, maka Camry dan Corolla Altis lebih menarik untuk kita bandingkan antara satu sama lain karena cenderung menghasilkan gambaran yang lebih komplit dari sisi ekonomis.

Fitur Pendukung Penghematan

toyota corolla altis 2021

Menariknya lagi, Toyota Corolla Altis dimodernisasi dengan teknologi Dual VVT-i, atau dual variable valve timing dengan kecerdasan yang maksimal, sehingga membantu mesin kendaraan tersebut menggunakan jumlah bahan bakar yang diperlukan saja selama berkendara.

Dengan kata lain, gaya dan kebiasaannya tersebut akan membantu mengurangi kemungkinan pemborosan bahan bakar secara lebih baik lagi.

Tapi perlu dicatat bahwa kendaraan ini tidak didukung oleh sistem transmisi yang sama. Karena itulah, penghematan konsumsi BBM Toyota Corolla Altis dengan Camry cenderung akan bervariasi antara satu sama lainnya.

Kita ambil contoh gampangnya saja ya!

Misalnya, model dasar Toyota Corolla mampu mencapai 16 KM/L menurut perkiraan EPA (Environmental Protection Agency). Sementara Toyota Camry bisa berjalan antara 9-15 KM/L dengan rute gabungan.

Corolla Altis Sangat Worth It Untuk Dicoba!

harga toyota corolla altis

Mungkin salah satu alasan kenapa kamu mencari informasi mengenai konsumsi BBM Toyota Corolla Altis adalah karena sudah berminat dan berniat untuk membelinya.

Dengan sedikit dorongan, maka kendaraan ini cukup worth it untuk kamu beli dan gunakan jika ditilik dari sisi ekonomi dan harga beli yang murah.

Desain modern mobil ini memang nampak mengikuti Honda Civic dan Hyundai Elantra, akan tetapi dari sisi kekuatan lebih bisa bertahan sehingga bisa kamu gunakan selama bertahun-tahun dengan perawatan yang normal.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar hingga 55 liter, sedan ini mampu berjalan cukup jauh hingga ratusan kilometer jauhnya tanpa harus takut mogok di tengah jalan selama maintenance­-nya tepat.

Sisi Keawetan Corolla Altis

toyota corolla altis 2020

Tak hanya dari desain eksterior dan interiornya saja yang sangat ergonomis, juga daya tahannya yang benar-benar mumpuni.

Mesin Toyota sendiri rata-rata mampu bertahan antara 400.000-500.000 KM, yang berarti kendaraan ini akan bertahan dalam kondisi baik selama antara 16 hingga 20 tahun sebelum akhirnya mengalami keausan.

Digabungkan dengan konsumsi BBM Toyota Corolla Altis yang dimilikinya, maka kendaraan ini bisa mendukung aktivitas kita sehari-hari tanpa harus kehilangan banyak uang jajan secara nyata.

Tinggalkan komentar