Konsumsi BBM Toyota Calya Iritnya Tak Main-Main!

Sebuah kelas mobil MPV yang terlihat begitu sigap dan keren ini menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia. Bukan hanya dari sifatnya yang masuk ke dalam jajaran kendaraan LCGC, juga konsumsi BBM Toyota Calya yang benar-benar irit.

Mobil Calya sendiri tersedia dalam trim 1,2 E dan 1,2 G. Keduanya tentu menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Dari sisi harganya pun cenderung standar, yakni dibandrol antara 129 jutaan hingga 150 juta rupiah untuk tipe G A/T.

Secara pastinya, kita bisa melihat daftar konsumsi BBM Toyota Calya berikut ini. Dijamin murahnya tak main-main!

Konsumsi BBM Toyota Calya Matic dan Manual

konsumsi bahan bakar toyota calya

  • Toyota Calya: 13,5 KM/L rute campuran (dalkot, kondisi macet, dan jalan tol lepas).
  • Toyota Calya A/T: 13,5 KM/L dalam kota, dan 19,2 KM/L luar kota.
  • Toyota Calya M/T: 13,5 KM/L dalam kota, dan 17,4 KM/L luar kota.

Sebagai keluarga dari jenis mobil LCGC, Toyota Calya pastinya dipersenjatai dengan mode eco driving, mirip seperti Toyota Agya yang pernah kita review beberapa hari yang lalu.

Menariknya, saat dilaju pada mode tersebut, maka konsumsi BBM-nya menjadi jauh lebih irit, yakni mencapai hingga 25 KM/L. Uji coba ini dilakukan dengan jarak sejauh 40 KM dan kecepatan konstan sebesar 100 KmH.

Didesain khusus untuk negara dan pasar mobil terbesar di ASEAN (terutama di Indonesia), menjadikan Calya sebagai low cost green car terbaik yang bisa kamu pilih.

Spesifikasi Toyota Calya

konsumsi bbm toyota calya vs honda brio

Selain irit, kendaraan ini juga disertai dengan spesifikasi yang mengagumkan. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut:

  • Mesin 3NR-VE
  • Kapasitas 1197cc
  • Teknologi Dual VVT-I 4-silinder
  • Tenaga 88 PS per 6000 rpm
  • Torsi maksimum 108 Nm per 4200 rpm

Dikarenakan aturan dari LCGC itu sendiri yang membatasi ukuran mesin hingga 1,2 liter, maka tak heran jika Toyota Calya memang dipersenjatai dengan spesifikasi di atas.

Namun perlu diingat bahwa motor DOHC Dual-VVT-i ini ternyata masuk ke dalam keluarga NR terbaru yang sama dengan unit 1,3 liter, yakni tank yang juga tersemat di dalam Toyota Avanza facelift.

Dual VVT-i pada Toyota Calya

konsumsi bbm toyota calya manual

Buat kamu yang belum tahu, aplikasi teknologi Dual VVT-i ini merupakan cara cerdas yang dapat membuat mesin mobil menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Memiliki kepanjangan Variable Valve Timing with Intelligent, sistem VVT-i terletak pada kepala silinder yang digunakan sebagai pengatur waktu otomatis katup masuk dan katup buang mesin.

Secara sederhananya, keuntungan menggunakan VVT ini adalah kemampuannya dalam meningkatkan kecepatan mesin maksimum bahkan hingga 25%.

Torsi kecepatan rendah juga mampu ditingkatkan, sehingga memberikan kemampuan dan kontrol berkendara yang jauh lebih baik.

Konsumsi Calya Jadi Boros?

konsumsi bbm toyota calya matic

Jika melihat data di atas dan mesin yang tersemat di dalamnya, konsumsi BBM Toyota Calya sebenarnya sangatlah irit secara default.

Namun kadang kebiasaan kitalah yang membuatnya menjadi sangat boros. Setidaknya ada 3 macam penyebab munculnya masalah tersebut, diantaranya:

  1. Cairan Pelumas
  2. Jenis BBM
  3. Filter Udara

Orang mungkin menganggap bahwa pelumas atau oli tidak memiliki keterkaitan dengan BBM, padahal nyatanya sangatlah berpengaruh besar.

Jika tidak sesuai spek, maka akan membebani kendaraan kita sehingga efeknya sampai pada konsumsi bahan bakar kita secara nyata.

Pabrik mobil ini menganjurkan kita untuk menggunakan oli full synthetic dengan viksonitas. Sementara BBM yang disarankan menggunakan bahan bakar beroktan 92.

Selanjutnya, sering-seringlah merawat dan membersihkan filter udara agar terhindar dari tumpukan debu dan kotoran.

Tinggalkan komentar