Konsumsi BBM Toyota Alphard si Mobil Bongsor yang Boros. Masa Iya?

Sebuah mobil mini van dari Jepang bernama Toyota Alphard sudah memiliki reputasi yang begitu kuat mengenai keandalannya. Namun saat dilihat dari sisi ekonomi, maka konsumsi BBM Toyota Alphard cenderung bisa menjadi poin yang patut kita pertimbangkan.

Masalahnya ada banyak orang yang mengatakan bahwa Toyota Alphard bukanlah jenis kendaraan yang irit, sehingga harus hati-hati saat menggunakannya.

Apakah benar demikian? Biar tak salah kaprah, akan lebih baik jika kamu pelajari konsumsi BBM Toyota Alphard di bawah ini secara lebih mendetail.

Rata-Rata Konsumsi BBM Toyota Alphard

konsumsi bbm toyota alphard 2005

  • Toyota Alphard 2005, 2007, 2008, dan 2010: 6-8 KM/L di dalam kota, dan 10 KM/L di luar kota.
  • Toyota Alphard Hybrid: 10 KM/L di dalam kota, dan 15 KM/L di luar kota.
  • Toyota Alphard 2021: 9.5 KM/L untuk mesin dengan 3.5 liter.
  • Toyota Alphard 2018: 10 KM/L dengan mesin V6 2GR-FKE berkapasitas 3,5 liter.
  • Toyota Alphard 2.4 2013: 8 KM/L dalam kota (kondisi macet), dan 16 KM/L luar kota.

Jika dilihat dari angka di atas maka sudah jelas bahwa kendaraan ini sangatlah boros. Akan tetapi anehnya, masih banyak orang yang menyukai si mobil bongsor yang satu ini.

Alasan Orang Menggunakan Toyota Alphard

konsumsi bbm toyota alphard 2007

Setelah melakukan pengulikan yang agak panjang, ternyata salah satu alasannya terletak pada performa dan desain interior yang dimilikinya.

Ruang dalam dan kargonya yang lebar serta ergonomis membuatnya menjadi pilihan favorit para artis papan atas di Indonesia.

Belum lagi dari sisi komponennya cenderung sangat umum digunakan, sehingga suku cadang dari kendaraan ini lebih mudah kita temukan dengan harga yang lebih murah. Mesinnya pun menggunakan rantai waktu yang tak perlu diganti secara teratur.

Dengan kata lain, para artis dan crazy rich lebih doyan menggunakan kendaraan ini berkat desainnya yang mampu membawa lebih banyak barang bawaan atau penumpang.

Di saat yang bersamaan, kita bisa menilai bahwa Alphard termasuk ke dalam kendaraan mewah berspesifikasi sangat tinggi dan dilengkapi dengan banyak fitur.

Konsumsi BBM vs Fitur

konsumsi bbm toyota alphard 2008

Pertanyaan yang harus kita jawab adalah apakah worth it jika kita menggunakan Toyota Alphard untuk kebutuhan sehari-hari?

Well, jika kita berbicara masalah faktor ekonomi, sudah pasti kurang begitu mumpuni untuk digunakan. Jika pun memaksa, maka Toyota Alphard Hybrid menjadi pilihan terbaik untuk kamu coba dan sesuaikan.

Namun buat kamu yang lebih mementingkan fitur pada sebuah kendaraan, maka Alphard patut menjadi incaran.

Pasalnya, hampir semua Toyota Alphard dipersenjatai dengan:

  • Auto gear box
  • AC depan dan belakang
  • Kamera parkir depan dan belakang
  • Velg
  • Penguncian jarak jauh
  • ABS
  • Jendela elektrik
  • Jendela berwarna
  • Sepasang airbag
  • Sensor parkir depan dan belakang

Apalagi jika kamu menggunakan Aplhard Hybrid, entah untuk konsumsi BBM yang lebih hemat ataupun fiturnya yang hebat sudah barang tentu bisa didapatkan.

Cara Memilih Alphard Hybrid

konsumsi bbm toyota alphard 2021

Jika sudah tertarik untuk menggunakan Alphard Hybrid karena konsumsi BBM yang tak terlalu menguras kantong dibandingkan dengan tipe Alphard lainnya, maka cobalah untuk memilih varian new hybrid yang menawarkan fitur ramah lingkungan.

Varian tersebut diluncurkan dengan nama New Alphard 2.5 G Hybrid 4×4 dengan maksimum output yang lebih besar.

Dengan kata lain, kendaraan ini bisa memaksimalkan efisiensi pembakaran. Kesan borosnya pun akhirnya tergantikan dengan fitur dan performanya yang jauh lebih mumpuni.

Sekedar FYI nih ya, nama hybrid ini berasal dari jeroannya yang merupakan penggabungan antara mesin bensin sebesar 2.494cc dual VVT-i dengan motor listrik, menjadikannya kendaraan paling efisien dengan versi sebelumnya.

Tinggalkan komentar