Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Hemat dan Penuh Wibawa

Kendaraan SUV kompak dengan tampilan gahar akhirnya diperkenalkan di Indonesia. Menurut para produsennya sendiri, konsumsi BBM Daihatsu Rocky yang tengah mereka jajakan tersebut sangatlah irit!

Salah satu keunggulan yang ditawarkan kuda ini adalah jantung pacunya yang sebesar 1000 cc minimalis yang dipadukan dengan teknologi turbocharge.

Secara jenisnya, Daihatsu Rocky memiliki 3 kategori berbeda, yaitu tipe F70 yang dipasarkan antara tahun 1984 hingga 2002, tipe F300 yang dipasarkan di Jepang dan beberapa negara antara tahun 1989 hingga 2002, dan tipe A200 yang memiliki tampilan berbeda berupa crossover subcompact dan dijual semenjak tahun 2019 kemarin.

Sementara tipe F70 sudah terlihat jadul dan F300 hampir tak tersedia di market Indonesia, lain lagi dengan A200 yang memiliki desain kekinian dan mampu menyatu dengan keinginan serta kebutuhan masyarakat kita.

Maka dari itulah, kita akan berfokus pada pembahasan dan data konsumsi BBM Daihatsu Rocky semenjak keluaran 2019, dan berikut adalah daftarnya.

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky

konsumsi bahan bakar daihatsu rocky

  • Daihatsu Rocky 1.0L tahun 2019: 18,6 KM/L dengan penggerak roda depan, dan 17,4 KM/L dengan menggunakan varian all-wheel drive.
  • Daihatsu Rocky 1.2L: 14,5 KM/L rute campuran.
  • Daihatsu Rocky 1.0L Turbo: 14,6 KM/L rute campuran.

Jika kita bandingkan dengan saudaranya Toyota Raize, terlihat jelas bahwa Daihatsu Rocky masih memegang peringkat sebagai salah satu kendaraan paling irit untuk kelas SUV.

Rocky tersedia dalam tiga pilihan powertrain yang berbeda, yakni mesin turbocharged sebesar 1.0L, 1.2L, dan 1.2L hybrid listrik.

Varian tersebut tentunya dijantungi oleh tipe mesin berbeda sehingga tenaga yang dikeluarkannya pun cukup beragam.

Varian Mesin yang Boleh Dipilih

konsumsi bbm daihatsu rocky 2021

Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing mengenai mesin yang diusungnya tersebut.

Misalnya untuk varian mesin turbocharged 1.0L berteknologi 1KR-VET tiga silinder yang menghasilkan tenaga kuda sebesar 97 Hp dan torsi 140 Nm.

Sementara mesin tiga silinder WA-VE kepunyaan tipe 1.2L yang disedot secara alami mampu menghasilkan tenaga kuda sebesar 78 Hp dan torsi 113 Nm.

Lain lagi dengan model hybrid-listrik dengan tangki mesin 1.2L yang berteknologi WA-VEX tiga silinder yang menghasilkan tenaga kuda sebesar 80 Hp dan torsi 105 Nm.

Dua mesin pertama dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau “Dual-Mode CVT”, sementara varian hybrid-elektrik menggunakan drivetrain hybrid seri yang dipasarkan sebagai kendaraan “e-Smart Hybrid”.

Jika kita bandingkan, konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid tentunya jauh lebih hemat. Sayangnya, varian 1.2L saat ini sedang absen jadi hanya tersedia 1.0L saja di pasaran.

Daihatsu Rocky Cukup Spesial di Indonesia

konsumsi bbm daihatsu rocky turbo

Selain tampilannya yang mewah dan garang, Daihatsu Rocky cukup diistimewakan semenjak peluncurannya bersama Raize pada tanggal 28 April 2021 lalu, dan mulai dijual pada 30 April 2021.

Bagamana tidak istimewa, perusahaan Daihatsu sendiri menggelontorkan dana investasi sebesar 1,7 triliun rupiah untuk peralatan produksi pabrik perakitan yang terletak di Karawang, sampai-sampai mencapai sekitar 70% suku cadang yang diproduksi secara lokal.

Di Indonesia, Rocky ditawarkan dengan 3 varian level grade berupa M, X, dan R dengan transmisi manual atau CVT.

Perbedaan Grade M, X, dan R Untuk Rocky

konsumsi bensin daihatsu rocky

Ada perbedaan yang mencolok dari ketiganya. Misalnya untuk varian M dan X ditenagai oleh mesin WA-VE, sedangnkan grade R ditenagai oleh unit 1KR-VET.

Paket ADS (Astra Daihatsu Styling) dan pengemudi ASA (Advanced Safety Assist) juga tersedia sebagai opsi untuk kamu pertimbangkan.

Sekedar informasi, paket ADS membuat Daihatsu Rocky menjadi jauh lebih bergaya. Sementara paket ASA adalah sistem keamanan berbasis kamera yang berfungsi untuk mengurangi kecelakaan berkecapatan rendah hingga sedang akibat pola mengemudi yang kurang hati-hati.

Perlindungan dari bahaya menjadi prioritas utama dari sistem keselamatan yang satu ini, karena kamera Stereonya akan terus memandu pengemudi menjauh dari tabrakan yang sebenarnya dapat dihindari.

Tinggalkan komentar