Great Corolla vs Genio, Mobil Sedan Paling Murah?

Dibandingkan.com – Jika Anda harus membandingkan Great Corolla vs Genio, kira-kira mobil mana yang akan Anda pilih? Sebelum menjawab hal tersebut, tentunya Anda ingin tahu lebih dalam mengenai dua mobil tersebut. Pada tahun 90-an memang menjadi tahun yang bagus bagi para pabrikan mobil yang mengeluarkan mobil sedan. Hal ini membuat setiap merek mobil pasti menghadirkan mobil sedan karena permintaan masyarakat yang tinggi pada waktu itu. Meskipun sekarang pamor dari mobil sedan tersebut sudah meredup.

Meskipun begitu, bukan berarti populasi mobil sedan murah benar-benar hilang. Hingga sekarang masih ada yang melakukan modifikasi mobil sedan seperti yang terjadi pada Great Corolla maupun Genio. Sekadar informasi bahwa kedua mobil tersebut sudah saling bersaing sejak lama. Hal ini karena keduanya sama-sama diperuntukkan untuk mobil sedan premium. Namun yang menjadi perbedaan adalah karakter dari kedua mobil tersebut.

Untuk Honda Civic Genio memiliki desain yang memang sesuai dengan karakter anak muda. Sementara itu, untuk mobil Toyota Great Corolla memiliki gaya yang elegan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk para bapak-bapak maupun kalangan yang sudah mature. Namun keduanya memang sama-sama cocok sebagai kendaraan sehari-hari dan sama-sama akan membuat percaya diri para pengemudinya.

Mengenal Perbandingan Great Corolla vs Genio

1. Toyota Great Corolla

Greco atau  yang merupakan singkatan dari Great Corolla mulai terkenal pada 1992. Mobil ini menghadirkan dua model yaitu SE dan SE-G. Untuk versi SE memakai mesin 2E 1.300 cc. Sementara untuk model SE-G memakai mesin 4A-FE 1.600 cc. Untuk desainnya, mobil ini langsung mengambil konsep desain yang ada pda Lexus yaitu desain membulat dan mewah serta interior yang lega. Mobil ini memang hadir dengan perpaduan antara kenyamanan serta kemewahan yang identik dengan Lexus. Itulah mengapa Great Corolla ada yang menyebutnya sebagai Mini Lexus.

Sementara itu, pada perbedaan antara model SE dan SE-G terdapat pada kelengkapan fiturnya. Untuk model SE mempunyai handle pintu serta spion yang berwarna hitam (tidak dicat). Sementara pada model SE-E sudah memiliki warna yang sama dengan bodi. Selain itu, model SE-G memang menjadi model yang mahal karena telah memiliki power window, electric rectracable mirror, central dual door lock, serta stop lamp yang ada di kaca bagian belakang.

2. Honda Civic Genio

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwa mobil Genio ini merupakan sedan yang sesuai dengan karakter anak muda. Tidak heran jika pada waktu itu Nike Ardila menjadikan mobil sebagai kendaraan pilihan untuk menemani aktivitasnya. Sekadar informasi bhawa Genio adalah mobil generasi kelima dari Civic yang hadir antara 1992 sampai dengan 1993. Mobil ini memiliki desain mengotak. Selain itu, Genio memiliki mesin SOHC 4 valve non VTEC dengan kapasitas mesin 1.600 cc.

Mesin tersebut mempu menghasilkan tenaga sebesar 120 HP serta torsi maksimal mencapai 144 Nm. Ketika pertama kali melihatnya, kesan pertam yang akan Anda dapatkan adalah sporty. Hal ini bisa Anda lihat di bagian kap mesin yang memang memiliki desain lebih rendah. Ditambah lagi dengan desain pada lampu depan yang memiliki bentuk seperti mata sipit membuat mobil ini semakin menunjukkan kesan sportynya.

Tidak sampai di situ, mobil ini mempunyai kabin yang keren dan modern. Terdapat beberapa fitur seperti power windows, power steering, central lock, serta child lock yang merupakan fitur untuk  keamanan anak-anak. Untuk fitur audionya pun juga sudah bagus dengan head unit serta AC merek Sanden yang berjenis Rotary. Mobil ini akan membuat siapa pun yang mengendarinya akan tampil percaya diri.

Perbandingan Spesifikasi Great Corolla vs Genio

Informasi selanjutnya yang akan kmai berikan adalah tentang spesifikasi yang terdapat pada Great Corolla vs Genio.

1. Spesifikasi Mesin

Pada Toyota Great Corolla, mobil ini memiliki mesin 1600 cc injeksi dan juga 1300 cc karburator. Adapun untuk mesin 1300 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar  72 hp pada 6000 rpm. Sementara itu, torsi maksimalnya mencapai 98 Nm pada 3600 rpm. Jika spesifikasi tersebut masih kurang bertenaga, Anda masih bisa memilih varian 1600 cc. Mesin 1.6 liter ini mampu menyemburkan tenaga  113 hp / 5800 rpm. Kemudian torsinya sebesar 137 Nm / 4800 rpm. Terdapat dua transmisi pada mobil ini yaitu manual dan otomatis.

Kemudian pada Honda Civic Genio, mobil ini memiliki mesin berkapsitas 1600 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 130 HP pada 6000 rpm. Sementara itu, torsi maksimalnya mencapai 144 Nm pada 4200 rpm. Dengan kata lain, jika berkaitan dengan tenaga mesin, maka Genio merupakan mobil yang tidak mengecewakan.

2. Suspensi

Sekarang beralih ke suspensi,  kedua mobil ini menggunakan suspensi yang sama yaitu Independent MacPherson Struts di bagian depan dan belakang. Kedua suspensi tersebut memiliki tingkat kenyamanan yang bagus. Anda dan para penumpang akan merasa nyaman meskipun menempuh perjalanan yang jauh, terutama ketika melewati jalan dengan kondisi yang kurang bagus.

3. Harga

Lalu berapa harga dari keduanya? Kedua mobil sedan murah ini dijual seharga 40 sampai dengan 70 juta. Namun perlu Anda ingat bahwa harga tersebut hanya sebagai harga perkiraan dan bukan harga pasti. Hal ini karena mobil bekas menyesuaikan kondisi dan kelengkapan surat-surat dari mobil tersebut.

Tinggalkan komentar