Ciri Kampas Rem Mobil Habis yang Perlu Diwaspadai

Dibandingkan.com – Mengetahui apa saja yang mnjadi ciri kampas rem mobil habis perlu bagi setiap pemilik mobil. Sistem pengereman pada mobil harus selalu dalam kondisi yang prima. Terlebih jika mobil tersebut kerap dikemudikan untuk menempuh perjalanan jauh. Jangan sampai ada hal-hal yang bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara.

Ketika terjadi masalah pada pengereman, sudah pasti pengemudi atau bahkan penumpang tersebut merasa tidak nyaman dan aman selama di perjalanan. Salah satu masalah yang berkaitan dengan pengereman adalah kampas rem yang sudah habis. Ketika kampas rem habis dan tidak segera dilakukan penanganan, maka masalah ini berpotensi akan menyebabkan kerusakan terhadap komponen yang lainnya seperti cakram.

Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui apa saja tanda kampas rem mobil yang sudah habis. Dengan begitu, ketika kamu merasakan bahwa tanda-tanda tersebut sudah muncul maka kamu bisa langsung melakukan perbaikan agar tidak sampai mengakibatkan masalah yang tidak diinginkan.

Apa Saja Ciri Kampas Rem Mobil Habis?

ciri kampas rem mobil habis

Beberapa hal yang mengindikasikan bahwa kampas rem pada mobil sudah habis adalah sebagai berikut:

1. Rem Bergetar

Ciri pertama dari kampas rem mobil yang habis adalah Anda akan merasakan getaran pada rem. Hal ini bisa Anda rasakan pada saat Anda mengendarai mobil tersebut dalam kecepatan tinggi kemudian mengremnya. Anda akan merasakan bahwa rem dan juga pedal terasa bergetar. Hal ini mengindikasikan bahwa kampas rem sudah mulai habis.

Lalu apa yang menyebabkan getaran tersebut? Getaran yang kamu rasakan bisa terjadi karena kampas rem memiliki permukaan yang tidak rata. Hal ini kemudian mengakibatkan kondisi di mana ketika mencengkram piringan cakram menjadi kurang sempurna. Efeknya mengakibatkan getaran di bagian pedal. Jika sudah semakin parah di mana rem rem benar-benar habis, maka getaran tersebut bisa kamu rasakan sampai setir.

2. Keluar Suara Ketika Pengereman

Pada saat Anda melakukan pengereman dan tiba-tiba mendengar suara seperti adanya gesekan logam, mungkin ini merupakan ciri-ciri kampas remyang sudah mau habis. Ketika kampas rem sudah habis, maka yang tersisa hanya bagian besinya saja. Ketika terjadi gesekan antara logam dengan logam, maka mengakibatkan timbulnya suara bunyi. Jika mobil Anda mengalami hal yang seperti ini, kemungkinan penyebabnya adalah kampas rem yang sudah habis.

3. Minyak Rem

Sekarang  Anda bisa memeriksa minyak rem yang ada di kap mobil. Jika ternyata minyak rem tersebut turun namun tidak disebabkan oleh kebocoran, kemugnkinan hal ini mengindikasikan bahwa kampas rem sudah mulai habis. Jika Anda menemukan tanda tersebut, kami menyarankan agar Anda segera membawa mobil ke bengkel agar mengetahui apakah kampas rem memang mulai habis atau belum.

Namun Anda juga bisa memeriksanya sendiri jika Anda bisa melakukannya. Anda cek ketebalan kampas rem. Jika ternyata masih tebal, mungkin Anda hanya perlu membersihkannya dari kotoran. Namun jika ternyata kampas remnya sudah tipis, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu, kenyamanan berkendara akan Anda dapatkan kembali.

4. Suara Berdecit

Apakah Anda mendengar adanya suara berdecit pada saat Anda melakukan pengereman? Jika iya maka Anda perlu berhati-hati karena mungkin ini pertanda bahwa kampas rem akan habis. Bunyi yang Anda dengar tersebut berasal dari gesekan antara logam dengan besi. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa kampas rem yang telah habis hanya menyisakan besinya.

Jika sudah begini, sistem pengereman tidak lagi mengenai kampas namun pada besi tersebut. Hal ini yang kemudian membuat Anda mendengar suara berdecit ketika pengereman. Maka dari itu, Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk membeli kampas rem mobil yang baru.

5. Menekan Pedal Terlalu Dalam

Kampas rem tromol yang terdapat di ban belakang juga bisa habis. Hal ini membuat Anda agak kesulitan ketika harus mengerem. Penyebabnya karena Anda harus menekan pedal rem terlalu dalam. Jika Anda mengalami masalah ini, maka kami menyarankan agar Anda segera memeriksa kampas rem. Sejauh apa pun piston bergerak, maka otomatis akan kembali menuju posisi semula. Ketika kampas rem masih tebal, pengereman pun hanya sedikit. Namun ketika kampas rem sudah mau habis, maka Anda harus menginjak pedal terlalu dalam agar pengereman dapat maksimal.

6. Rem yang Tidak Pakem

Ciri kampas rem mobil habis juga bisa kamu rasakan ketika rem sudah tidak lagi pakem. Sebuah rem yang tidak pakem akan menjadi tanda bahwa kampas rem sudah habis. Hal ini disebabkan oleh penekanan kampas yang ada di piringan tidak merata. Akibatnya, luas penampang rem akan lebih kecil. Kondisi yang seperti ini tidak boleh Anda biarkan. Segera bawa mobil Anda tersebut ke bengkel terpercaya agar segera dilakukan penggantian kampas rem yang baru.

Tinggalkan komentar