Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Dibandingkan.com – Apa saja ciri-ciri dinamo starter mobil rusak? Jika Anda merasakan beberapa ciri tersebut, segera bawa mobil Anda ke bengkel agar tidak sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan. Ketika Anda telat membawanya ke bengkel, kemungkinan kerusakan bisa menyebar ke bagian mesin lainnya. Akibatnya biaya perbaikan lebih mahal serta waktu memperbaikinya menjadi lebih lama. Perlu Anda tahu bahwa ketika dinamo starter mobil rusak sementara Anda sedang dalam perjalanan, menyebabkan mobil Anda mogok.

Kondisi seperti ini akan menghambat Anda sampai ke tempat tujuan Apalagi jika Anda memiliki acara penting untuk Anda hadiri. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri yang mengindikasikan bahwa dinamo starter mengalami kerusakan.

Inilah Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Setidaknya ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa dinamo starter mobi mengalami kerusakan. Informasi selengkapnya silakan simak penjelasan berikut ini:

1. Lampu Depan Mati Mendadak

Gajala awal dinamo starter mobil rusak adalah ketika lampu depan mobil Anda tiba-tiba mati. Biasanya ini bersamaan dengan keluarnya suara aneh di kendaraan Anda. Penyebabnya bisa dari aki atau baterai yang sudah melemah atau bahkan mati. Penyebab lainnya bisa juga karena terdapat open circuit atau rangkaian terbuka di starter mobil. Selain itu, kondisi ini juga bisa karena ada terminal atau sambungan yang korosi (umumnya pada sambungan aki). Kami menyarankan Anda segera mengecek beberapa komponen tersebut agar kerusakan tidak semakin parah.

2.  Ketika Mobil Nyala, Lampu Mati

Ciri yang kedua adalah ketika Anda menyalakan mobil, tiba-tiba lampu mobil mati. Mungkin sebelumnya lampu bisa menyala dengan baik. Namun ketika And starter mobil, tiba-tiba lampu tersebut mati. Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan kondisi ini bisa terjadi. Misalnya aki yang belum terisi. Jika aki sudah terisi, penyebabnya bisa jadi karena ada arus pendek yang mengakibatkan starter menarik daya yang cukup banyak.

Masalah tersebut juga tidak selamanya berasal dari dinamo starteryang rusak. Namun terkadang juga berasal dari komponen mesin yang sudah mulai melemah. Maka dari itu, penting untuk segera membawanya ke bengkel. Dengan begitu, kita bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi pada mobil Anda.

3. Mesin Berdengung Ketika Menyala

Ciri-ciri dinamo starter mobil rusak yaitu ketika Anda menyalakan mobil, terdengar suara dengung dari mesin. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya arus listrik yang tidak bisa mencapai selonoid untuk bisa menggerakkan pinion gear serta flywheel. Kegagalan tersebut bisa karena adanya arus listrik yang rendah karena baterai atau aki yang kehabisan daya. Bisa juga karena sambungan listrik  yang ada pada rangkaian starter mengalami kerusakan. Ini juga termasuk dengan terminal atau sambungan baterai yang korosi.

4. Terdengar Bunyi “Klik” Keras

Ciri yang keempat adalah Anda akan mendengar bunyi “klik” yang cukup keras. Jika Anda mendengar bunyi ini, maka Anda harus waspada dan jangan menunggu waktu lama untuk membawa mobil ke bengkel. Lalu sebenarnya apa penyebabnya? Mesin yang mengeluarkan bunyi “klik” mungkin rangkaian listrik di starter mendapatkan arus yang cukup. Namun selonoid, starter, atau bahkan mesinnya yang bermasalah. Jika kondisi ini terjadi, kemungkinan akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

5. Terdengar Suara “Bak” dari Sebuah Gilingan

Selain suara “klik” seperti yang telah kami sebutkan, masih ada suara lainnya yang mengindikasikan kerusakan pada dinamo starter. Coba Anda perhatikan, jika Anda mendengar suara gilingan yang kasar maka kemungkinan dinamo starter mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi karena mounting bolt starter mobil Anda sudah kendur. Bisa juga terjadi karena flywheel, gerigi pinion wheel yang sudah mulai keropos atau bahkan rusak.

Ketika gerigi-gerigi tersebut tidak bisa saling terhubung dengan baik maka akan terdengar suara “bak”. Suara tersebut mirip dengan benturan logam yang pastinya akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Maka dari itu, segera bawa mobil Anda ke bengkel agar masalah ini bisa diselesaikan sehingga Anda bisa kembali mengemudikan mobil dengan nyaman.

6. Mesin Tidak Mengeluarkan Suara

Ketika mobil menyala, ternyata mesin tidak mengeluarkan bunyi apa pun. Kondisi ini terjadi karena sistem kelistrikan mobil  yang bermasalah misalnya aki yang lemah atau bahkan rusak. Selain itu, bisa juga karena komponen relay maupun safety switch yang tidak bisa beroperasi. Kabel listrik  yang mengalami korosi juga bisa menjadi sebab masalah ini terjadi.

7. Aki Soak

Aki mobil lemah atau bahkan soak juga bisa menjadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Hal ini berdampak pada starter yang lambat dan tidak bisa mengangkat sistem perapian. Dalam kondisi ini, Anda kemungkinan bisa mendengar suara seperti mengeram. Ketika voltasenya menurun drastis, bunyi yang terdengar akan putus-putus. Ketika voltasenya sudah sangat menurun, mungkin Anda tidak akan mendengar suara apa pun. Maka dari itu, segera periksa kondisi aki atau bisa langsung Anda bawa ke bengkel untuk melakukan pengecekan serta menyeluruh.

Tinggalkan komentar