Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remot

Bagaimana cara mematikan alarm mobil tanpa harus menggunakan remot? Remot pada mobil bukan hanya digunakan untuk membuka maupun mengunci pintu mobil. Pada remot tersebut juga disematkans sebuah fitur di mana Anda bisa mengaktifkan alarm mobil. Ketika alarm mobil aktif, maka mobil Anda lebih aman dari upaya membuka pintu secara paksa.  Jadi, ketika Anda meninggalkan mobil Anda di tempat parkir, Anda bisa lebih lega dari pada Anda tidak mengaktifkan alarm mobil.

Meskipun begitu, terkadang ada saja masalah yang berhubungan dengan alarm mobil tersebut. Salah satunya adalah alarm mobil yang tidak berfungsi. Terkadang alarm mobil juga menyala dengan sendirinya padahal Anda tidak menekan tombol apa pun. Lalu bagaimana cara Anda mematikan alarm sementara remot mobil tidak berfungsi?

Begini Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remot

cara mematikan alarm mobil

Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya Anda masih bisa mematikan alarm mobil tanpa perlu menggunakan remot. Caranya pun tidak sulit dan kami yakin Anda bisa langsung melakukannya setelah membaca dan memahami informasi yang kami berikan di bawah ini.

1. Menggunakan Kunci Mobil untuk  Membuka Pintu

Tidak sedikit alarm mobil yang dirancang agar mati secara otomatis pada saat pemilik mobil membuka pintu menggunakan kunci original. Dengan kata lain, ketika alarm mobil Anda menyala terus sementara tombol alarm tidak berfungsi, silakan langsung masukkan kunci ke pintu. Kemudian cobalah untuk membuka pintu beberapa kali.

Pada prinsipnya, ketika mobil dikunci secara benar, maka alarm akan menerima sinyal agar mematikan bunyi. Cara ini bisa Anda coba sebagai cara pertama ketika mengalami masalah alarm tiba-tiba menyala sendiri.

2. Nyalakan Mobil

Cara kedua untuk mengatasi alarm yang menyala tanpa harus menggunakan remot adalah dengan menyalakan mobil seperti biasanya. Ada beberapa mobil yang memang disetting OFF pada saat mobil tersebut menyala. Di sini Anda hanya perlu menyalakan mobil seperti yang sudah Anda lakukan seperti biasanya.

Alarm mobil akan otomatis mati pada saat mesin mobil dalam kondisi hidup atau menyala. Hal ini karena sensor pada alarm telah mendeteksi adanya kunci original yang dimasukkan untuk menyalakan kendaraan.

3. Matikan Alarm dengan Kunci Mobil

Cara ketiga yang juga dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan alarm tersebut menggunakan kunci mobil. Sebenarnya cara ini merupakan cara termudah ketika dua cara sebelumnya belum memberikan hasil. Anda tinggal mematikan mesin mobil lagi, lalu masukkan kunci mobil ke lubang starter. Langkah berikutnya adalah putar dari ACC ke ON sebanyak 10  kali dalam waktu yang cepat.

Cara ini membuat alarm mobil berbunyi semakin cepat. Namun selanjutnya alarm tersebut akan mati. Bukan itu saja, lampu yang berkedip pun juga akan otomatis mati. Setelah Anda berhasil mematikan alarm, segera periksa seperti apa kondisi dari remot alarm mobil Anda tersebut. Mungkin baterainya habis atau memang mengalami kerusakan.

4. Melepas Sekring Alarm

Jika ternyata cara-cara di atas belum bisa membuat alarm mobil Anda mati, maka cara selanjutnya yaitu Anda harus melepas sekring alarm. Cara ini harus Anda lakukan secara manual. Secara teori, pada saat sumber aliran arus listrik OFF, maka alarm menjadi tidak aktif. Anda memerlukan buku panduan atau buku manual mobil Anda untuk mengetahui di mana lokasi sekring alarm.

Biasanya posisi sekring alarm tersebut ada di kabin atau wadah mesin. Jangan lupa untuk tetap tenang dan tidak perlu panik meskipun bunyin alarm tersebut memang sangat mengganggu dan bahkan mengundang perhatian orang di sekitar Anda. Jika Anda belum mengetahui lokasi sekring alarm, cobalah untuk melepas dan memasang kembali sekring secara satu per satu.

Hal ini Anda lakukan untuk mengetahui kira-kira mana yang termasuk sekring yang dapat mematikan alarm. Jika alarm sudah berhenti, Anda harus menggunakan tang untuk menempatkan sekringnya kembali. Seharusnya alarm yang telah direset sudah tidak menyala kembali. Namun jika ternyata alarm masih tetap berbunyi, kemungkinan alarm memang harus diperbaiki.

5. Mereset Kelistrikan Melalui Aki Mobil

Cara mematikan alarm mobil tanpa remot yang juga dapat Anda lakukan adalah dengan mereset kelistrikan melalui aki mobil. Cara ini merupakan cara yang kemungkinan besar berhasil dari pada cara-cara sebelumnya. Di sini Anda hanya perlu melepaskan terminal negatif aki. Anda harus melonggarkan terminal yang memiliki kode (-) tanpa perlu melepas terminal yang memiliki kode (+).

Kemudian silakan pasang terminal tersebut kembali. Seharusnya alarm mobil sudah mati karena Anda telah memutus saluran atau arus listrik yang mengalir ke alarm tersebut. Meskipun begitu Anda juga harus tahu bahwa cara ini berpotensi dapat mereset seluruh sistem kelistrikan termasuk juga audio sampai dengan elektronik Contol Unit atau ECU.

Jadi, kami menyarankan cara ini lebih baik dilakukan oleh orang yang berpengalaman seperti tukang servis. Jangan memaksakan melakukan cara yang kelima ini agar tidak terjadi masalah yang tidak Anda inginkan.

Tinggalkan komentar