Cara Melepas Kaca Film Mobil dengan Benar

Dibandingkan.comIngin tahu bagaimana cara melepas kaca film mobil dengan benar? Banyak yang mengatakan penggunaan kaca film sangat penting. Salah satu fungsi kaca film pada mobil adalah untuk melindungi Anda dari sinar matahari. Jadi sinar matahari tidak sampai masuk ke dalam interior mobil yang terkadang bisa mengganggu pandangan ketika berkendara.

Kaca film juga berfungsi untuk keamanan karena barang-barang yang ada di dalam mobil Anda tidak akan kelihatan dari luar. Ini sangat bermanfaat karena orang lain tidak bisa melihatnya dari luar sehingga menurunkan potensi kejadian yang tidak Anda inginkan. Tidak sedikit pencurian yang terjadi karena orang lain bisa melihat barang-barang yang ada di dalam mobil. Maka dari itu, banyak yang kemudian memasang kaca film sehingga mobil terlihat lebih gelap dan bahkan sulit untuk melihatnya dari luar.

Pemasangan kaca film juga berfungsi untuk menjaga privasi Anda. Namun penggunaan kaca film dalam jangka waktu yang lama membuat kualitas dari kaca film tersebut akan semakin menurun. Bahkan kemungkinan kaca tersebut bisa rusak atau aus. Kondisi ini menyebabkan tampilan mobil menjadi kurang menarik dan bahkan bisa mengganggu pandangan. Untuk itu Anda perlu mengganti kaca film dan memasang kaca film yang baru.

Begini Cara Melepas Kaca Film Mobil dengan Benar

cara melepas kaca film mobil

Ada beberapa ciri yang menunjukkan kualitas kaca film mobil sudah menurun. Pertama, tampilan dari kaca tersebut akan berubah menjadi ungu. Anda juga melihat mulai adanya gelembung yang ada pada bagian belakang film film. Warna ungu tersebut karena zat pewarna non logam yang ada pada kaca filmdah memudar. Sementara gelembung pada film terjadi karena zat perekat untuk merekatkan kaca sudah mulai terlepas.

Maka dari itu, Anda harus segera melepas kaca film tersebut. Jika Anda belum mengetahui caranya, silakan simak informasi yang kami berikan di bawah ini:

1. Gunakan Air Sabun

Cara melepas kaca film mobil yang pertama yaitu dengan menggunakan air sabun. Pertama-tama, Anda harus merobek kaca mulai dari bagian ujung lalu keluarkan. Semprotkan air sabun ke kaca lalu diamkan kurang lebih 2 sampai dengan 3 menit. Kemudian Anda bersihkan lem yang tersisa menggunakan lap hingga bersih. Namun ada yang harus Anda perhatikan bahwa terdapat fitur defogger yang ada di kaca bagian belakang.

Terkadang kaca film yang sudah usang dan Anda ingin menggantinya, melepas bagian plastik cukup sulit karena daya rekatnya masih kuat. Solusinya adalah bisa dengan memakai uap air bersuhu tinggi. Hal ini karena suhu pada uap air tersebut menurunkan daya rekat sehingga lama kelamaan akan terlepas. Dengan begitu, Anda mudah membersihkan atau menggantinya.

2. Menggunakan Pengering Rambut

Mungkin cara ini belum terpikirkan sebelumnya. Bagaimana bisa pengering rambut bisa membantu Anda melepas kaca film. Di sni Anda perlu mengeringkan mobil Anda selama kurang lebih 2 jam dalam kondisi yang panas. Namun Anda juga bisa memakai pengering rambut untuk membuat kaca film menjadi panas. Ketika kaca film sudah panas, maka lem akan mudah untuk Anda lepaskan sehingga menariknya pun akan lebih aman.

Ketika lem sudah mulai leleh, Anda bisa menemukan bagian ujung kaca film. Anda tinggal menariknya saja dengan memakai pisau cukur atau paku agar lebih mudah untuk Anda lepaskan. Namun tetap saja Anda perlu berhati-hati meskipun kaca film tersebut sudah bisa Anda lepaskan dengan mudah. Anda harus menariknya secara perlahan. Jika ada bagian yang masih sulit Anda lepaskan, coba panaskan kembali. Lakukan cara tersebut secara perlahan dan bertahap karena memang memerlukan kesabaran.

Anda juga perlu berhati-hati pada kaca bagian belakang yang memiliki pemanas kaca. Jika Anda tidak berhati-hati, khawatir kaca pemanas tersebut malah terkelupas atau rusak. Setelah selesai Anda lepas semua kaca film tersebut, Anda perlu mengecek kembali apakah semuanya memang sudah Anda lepaskan dengan sempurna atau tidak.

3. Menggunakan Amonia

Cara melepaskan kaca film yang ketiga juga bisa Anda lakukan dengan memakai amonia. Langkah-langkahnya akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama, potong 2¬† kantong hitam tempat penyimpanan sampah dengan ukuran seperti kaca depan
  • Kedua, semprot dengan air sabun pada bagian luar gelas lalu Anda tutup dengan kantong sampah tersebut. Kemudian Anda ratakan plastiknya
  • Tutup seluruh permukaan dekat kaca¬† dengan memakai perlak atau plastik
  • Semporot dengan cairan amonia. Sebelum itu pastikan Anda memakai masker atau pentup wajah. Ini karena amonia berpotensi membahayakan Anda
  • Biarkan amonia menempel ke kaca. Kantong sampah tersebut akan membantu menyerap panas sehingga lama kelamaan kaca film akan terkelupas. Namun pastikan kaca film tersebut terkena sinar matahari
  • Sekarang Anda bisa mulai melapas kaca film. Lepaskan bagian pinggir kaca lalu tarik secara perlahan
  • Anda harus menjaga kelembapan kaca film menggunakan semprotan amonia. Silakan memakai pisau cukur untuk melepaskan sisa kaca filmg masih belum terlepas
  • Bersihkan bagian-bagian sisa kaca film sampai benar-benar bersih

Demikian penjelasan dari kami tentang cara melepaskan kaca film mobil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar