Alasan Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci dengan Remote

Dibandingkan.com – Kenapa pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote? Mungkin Anda atau teman Anda pernah mengalami hal seprti ini. Kondisi ini sudah pasti membuat frustasi karena mungkin sekarang sudah jamannya mengunci secara otomatis. Berbeda dengan jaman dulu di mana kalau kita ingin mengunci pintu mobil maka kita harus menggunakan cara manual.

Cara manual yang harus Anda lakukan adalah dengan memakai anak kunci. Namun sekarang jamannya sudah canggih di mana berbagai hal yang kita lakukan sudah secara otomatis. Hal ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi, khususnya di bidang otomotif. Kehadiran remot mobil memang sangat membantu. Anda bisa mengaktifkan alarm, mengunci pintu, dan bahkan beberapa mobil bisa membuka dan mengunci pintunya secara otomatis. Semua itu Anda lakukan hanya melalui remote.

Kemudahan inilah yang membuat peran remote sangat penting. Lalu apa yg terjadi ketika remote mobil tidak bisa berfungsi? Salah satu contohnya adalah remote tersebut tidak bisa Anda gunakan untuk mengunci pintu. Bagi orang awam, masalah ini akan membuatnya bingung meskipun sebenarnya Anda masih bisa mengunci pintu mobil dengan cara manual.

Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci dengan Remote

pintu mobil tidak bisa dikunci

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pintu mobil tidak bisa dikunci. Mungkin salah satunya menjadi sebab kenapa pintu mobil Anda mengalami hal yang sama.

1. Baterai Pada Remote Habis

Penyebab pertama mengapa remote tidak bisa Anda gunakan untuk mengunci pintu adalah karena baterainya sudah habis. Banyak pemilik mobil yang terkadang kurang menyadari hal ini. Mereka sering menggunakan remote mobil untuk berbagai keperluan namun tidak melakukan pengecekan terhadap baterainya.  Ketika baterai remote sudah habis, sudah pasti remote tersebut tidak akan berfungsi.

Anda bukan hanya tidak bisa mengunci mobil dengan remote, melainkan untuk mengaktifkan alarm pun juga tidak bisa. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Solusinya sangat mudah yaitu dengan mengganti baterai remote. Setelah Anda mengganti baterai remote, Anda bisa mencoba membuka pintu mobil. Jika masalah ini memang dari baterai, seharusnya pintu mobil sudah bisa Anda buka. Jika ternyata masih belum terbuka, Anda harus mulai memikirkan penyebab yang lainnya.

2. Tombol Remote Mengalami Kerusakan

Jika Anda sudah mengganti baterai namun pintu mobil masih tidak mau terbuka, kemungkinan permasalahan yang terjadi karena tombol pada remote itu sendiri. Hal ini memang menjadi masalah yang umum di mana ketika Anda sering menggunakan remote mobil, maka tombolnya pun mulai mengalami masalah. Biasanya tombol remote yang mengalami masalah adalah tombol yang memiliki gambar sepert gembok. Tombol ini berfungsi untuk mengunci atau membuka pintu mobil.

Sekarang Anda tinggal mengecek apakah tombolnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ketika Anda menekan tombolnya terasa kurang responsif, kemungkinan masalah yang terjadi berasal dari tombol remote tersebut. Anda harus segera memperbaikinya agar tombolnya dapat berfungsi dengan normal.

3. Receiver Remote Mengalami Kerusakan

Selain dua permasalahan di atas, remote yang tidak bisa Anda gunakan untuk mengunci pintu kemungkinan karena receiver remote yang sudah rusak. Perlu Anda ketahui bahwa remote mempunyai beberapa komponen tertanam. Salah satunya yaitu receiver yang memiliki fungsi untuk menerima gelombang. Receiver tersebut bertugas untuk menjermahkan sinyal yang berasal dari remote ketika Anda menekan tombolnya. Lalu apa yang akan terjadi ketika receiver rusak?

Jika bagian ini rusak, sudah tentu remote tersebut tidak berfungsi. Mungkin baterainya baru atau tombolnya masih berfungsi dengan baik. Namun ketika receiver yang bermasalah, tetap saja Anda tidak dapat menjalankan perintah apa pun, termasuk membuka pintu mobil. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini Anda perlu datang ke bengkel resmi. Anda tinggal menjelaskan permasalahan yang terjadi. Kemudian mereka akan langsung melakukan perbaikan.

Ingat, kami menyarankan Anda datang ke bengkel resmi atau bengkel mobil yang memang sudah bepengalaman. Hal ini agar pelayanan dan kualitas perbaikan terhadap masalah Anda tersebut benar-benar sesuai keinginan Anda. Jika sembarangan memilih bengkel, khawatir malah ada hal-hal yang tidak Anda inginkan.

4. Remote Mobil Rusak

Penyebab pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote bisa juga berasal dari remote yang memang benar-benar rusak. Meskipun Anda telah mengganti baterai, tombol remote masih berfungsi namun tetap saja remote tidak dapat berfungsi. Jika masalah ini terjadi, kemungkinan besar remote mobil Anda memang benar-benar rusak. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda tinggal membawanya ke tempat servis resmi yang ada di daerah Anda.

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Kesimpulannya adalah remote mobil memiliki peran yang sangat penting karena fungsinya untuk keamanan. Anda harus rutin mengecek remote mobil tersebut untuk mengetahui apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar