Air Radiator yang Bagus untuk Mobil Tua

Jika Anda memilih air radiator yang bagus untuk mobil tua, maka Anda harus selektif. Pemilihan air radiator tersebut sudah pasti berbeda ketika Anda ingin memilih air radiator untuk mobil keluaran terbaru. Hal ini karena pada mobil tua biasanya rentan mengalami masalah di bagian mesin. Salah satu contohnya adalah mesin cepat panas atau overheating.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memilih air radiator yang mampu menstabilkan suhu pada mesin. Lalu apakah mobil tua harus menggunakan air radiator khusus? Tentu tidak. Hanya pada mobil-mobil  yang mengalami masalah suhu mesin saja yang menggunakan air radiator khusus.

Rekomendasi Air Radiator yang Bagus untuk Mobil Tua

Air radiator memiliki peran yang sangat penting di dalam mengatur atau membuat suhu pada mesin tetap stabil. Dengan begitu, mesin bisa tercegah agar tidak mengalami overheating. Terdapat beberapa jenis air radiator yang memang diperuntukkan bukan hanya untuk mobil keluaran baru melainkan juga untuk mobil tua. Berikut ini kami memiliki beberapa rekomendasi berkaitan dengan apa saja air radiator yang bagus untuk mboil tua. Anda bisa memilih salah satu di antara daftar yang kami rekomendasikan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

1. Air Keran atau Air Mineral

air radiator yang bagus untuk mobil tua

Kita tahu bahwa air keran atau air mineral bisa kita manfaatkan sebagai air radiator. Air mineral memang sudah terbukti mampu menstabilkan suhu pada mesin mobil. Mobil-mobil yang tidak terkena masalah overheating juga sebaiknya menggunakan air mineral. Salah satu kelebihan menggunakan air mineral yaitu tidak mengalami risiko pada saat air tersebut tumpah ke bagian mesin lainnya.

Harga air mineral yang  murah atau bahkan gratis juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Dengan kata lain, air keran atau air mineral tersebut ramah lingkungan serta ramah untuk kantong Anda. Namun air mineral bukan jenis air radiator untuk mobil tua yang mengalami masalah overheating. Hal ini karena batas mendidih air keran tersebut hanya 100º C.

2. Air Coolant Radiator

Jika mobil tua Anda kerap mengalami masalah overheating namun bersifat ringan, maka pilihlah air coolant radiator. Salah satu kelebihan jenis air radiator ini yaitu memiliki tingkat didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan air mineral atau air keran yaitu sebesar 110 sampai 115ºC.  Jadi, bagi mobil yang mengalami permasalahan pada pendingin, bisa menggunakan air coolant radiator untuk menstabilkan suhu pada mesin.

Dengan begitu, Anda akan merasakan kenyamanan ketika berkendara. Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan masalah overheating pada mesin. Adapun harga untuk air radiator ini cukup mahal. Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 40.000 sampai dengan Rp. 70.000 hanya untuk kemasan satu liter.

3. Radiator Super Coolant

air radiator yang bagus untuk mobil tua

Radiator super coolant juga termasuk jenis air radiator yang bagus untuk mobil tua. Mobil tua yang kurang terawat serta mengalami mesin yang cepat panas cocok menggunakan air radiator yang satu ini. Mungkin Anda bertanya, apa yang membedakan radiator super coolant dengan air coolant radiator? Perbedaan yang paling dasar adalah batas titik didihnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan air coolant radiator.

Radiator super coolant memiliki batas titik didih mencapai 135ºC. Selain itu, jika mobil tua Anda kerap mengalami overheating, maka sebaiknya menggunakan radiator super coolant. Lalu bagaimana dengan harganya? Untuk harganya bervariasi, mulai Rp. 65.000 sampai Rp. 125.000 untuk setiap liternya.

4. Antifreeze Coolant Protector

air radiator yang bagus untuk mobil tua

Rekomendasi terakhir untuk mobil tua yang Anda miliki adalah antifreeza coolant protector. Kualitas yang terdapat pada air radiator ini tentu saja tidak kalah bagus dibandingkan dengan jenis air radiator yang sudah kami bahas sebelumnya. Air radiator antifreeza coolant protector memiliki zat anti beku propylene glucol. Zat inilah yang berperan untuk memberikan perlindungan terhadap komponen mesin radiator dari karatan dan aus.

Sementara untuk titik didih yang mampu dicapai oleh antifreeza coolant radiator adalah 130ºC. Adapun untuk harganya tidak jauh berbeda dengan air radiator yang kami bahas sebelumnya. Harganya berkisar antara Rp. 60.000 sampai dengan Rp. 120.000 per liter. Harga yang memang cukup mahal namun sesuai dengan kualitas yang akan mobil Anda dapatkan.

Demikian informasi seputar jenis air radiator yang bagus unutk mobil tua. Perlu Anda ingat bahwa mobil-mobil tua tersebut lebih rentan mengalami masalah. Masalah yang Anda temui bukan hanya selalu berkaitan dengan mesin yang cepat panas. Kemungkinan ada masalah lainnya yang mungkin Anda tidak menyadari atau tidak memprediksinya. Untuk itu, Anda harus selalu melakukan perawatan secara rutin terhadap mobil tua Anda tersebut.

Lakukan pengecekan secara rutin terhadap mesin maupun bagian lainnya. Ketika Anda mampu merawat mobil tua, maka bukan tidak mungkin harga mobil Anda bisa lebih mahal dibandingkan ketika Anda pertama kali membelinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar